Langsung ke konten utama

New Post

Sibuk atau Produktif

Sibuk atau Produktif Istilah sibuk atau produktif tak melulu identik dengan perempuan pekerja atau wanita karier. Seorang full time mom  atau ibu rumah tangga juga sangat bisa terjangkiti istilah happening ini. Adalah hal yang lazim, pada zaman internet of things saat ini, perempuan dan semua orang bisa bekerja dan berkarya dari mana saja. Dari rumah, cafe , perpustakaan, kamar hotel, dapur, gudang dan bahkan dari taman bermain, Semua bisa 'bekerja' dengan atau tanpa tersambung dengan internet. Tak lagi terkotak-kotak pada ruang kerja, kubikel, kantor atau pabrik. Sebab itulah seorang perempuan atau ibu rumah tangga, sangat bisa bekerja atau produktif dari rumah. Caranya? Mari kita maknai dulu arti kata produktif! Sibuk atau Repetisi Tak Berujung Peran seorang ibu rumah tangga tentu jamak. Disamping sebagai individu, juga melekat peran sebagai istri, ibu, saudara, anak dari orang tuanya. Beragam peran yang diemban oleh ibu rumah tangga berkonsekuensi dari banyaknya tugas pera

Home Safety

Home Safety
Home Safety

Rumah bersih, rapi dan nyaman itu idaman. Bisa membuat betah dan sehat penghuninya, sehingga banyak kebahagiaan tercipta di dalamanya. Idealnya rumah juga mampu menjamin keselamatan dan keamanan penghuninya. Ya, rumah adalah lingkup terkecil, tempat naungan yang dalam circle of controll kita. Home safety berkaitan dengan keselamatan penghuninya. Sedangkan, security berkaitan dengan keamanan rumahnya. 

Baca juga :

Berkebun Mudah dari Rumah

Langkah Pertama Menuju Hidup Berkelanjutan

Refleksi Setelah Berbenah

Menurut Gemar Rapi, ada beberapa jenis safety di rumah:

  • General    : berlaku untuk semua penghuni rumah dalam situasi normal
  • Spesific    : mempertimbangkan salah satu penghuni rumah, misal karena ada balita atau orang tua yang lumpuh
  • Emergency safety dan security    : kondisi darurat yang tidak diharapkan, bencana alam
Memperhitungkan segala resiko dan bahaya yang potensial terjadi di dalam rumah dan lingkungan sekitar itu mutlak diperlukan. Sebelumnya kita harus tahu apa itu resiko dan bahaya. Menurut paman Billie dari Safe Kids Indonesia (SKI), keduanya berbeda. 

Bahaya adalah semua hal/benda/kegiatan yang dapat menyebabkan kerugian, bisa berupa cidera pada manusia, kerusakan pada benda dan polusi pada lingkungan. 
Resiko adalah dampak atau akibat jika manusia terpapar bahaya. 

Resiko selalu ada selama manusia beraktifitas. Tidak dapat dihilangkan, hanya bisa dikurangi sampai batas toleransi kita.  

Maka, mari kita pindai rumah, amati potensi bahaya sehingga bisa diminimalkan resikonya, dengan metode ANAK. Menurut paman Billie hal apa saja yang bisa kita lakukan di rumah dengan metode tersebut, antara lain:
  1. Mulai inspeksi semua ruangan dalam rumah
  2. Amati bahaya apa saja yang ada di setiap ruangan
  3. Buat daftar apa yang harus dilakukan/ dibeli untuk mitigasi
  4. Lakukan sesuai prioritas dan sumber daya (dana dan waktu)

Berikut tabel hasil memindai semua ruangan dalam rumah dengan metode ANAK



Faktor penyebab bahaya itu bisa karena kondisi yang tidak aman dan atau aktifitas yang tidak aman. Maka, mengintervensi salah satunya dapat mengurangi resiko bahaya kecelakaan. 

Ingat selalu, bertindak aman merupakan bentuk kepedulian dan cinta kita terhadap seisi rumah. Always be careful!


 #keselamatananak

#safekidsindo

#challenge1gp5

Komentar

Postingan Populer