Langsung ke konten utama

New Post

Spirit Fanny Ngeblogging

Dear Readers, Menambah pandangan dari kaca pengalaman orang lain, juga bisa menambah sudut pandang kita, lho. Setuju ya? Spirit Fanny Ngeblogging menjadi suntikan energi untukku juga dalam ngeblogging. Itu lah maksud dari task 4B Blogspedia Coaching #5. Berbinar hati ini bisa mengenal lebih dekat dengan Rahilla Fanny, partner bermainku di sesi 4B. Selama coaching ini, sebatas melihat 'text' dan 'sedikit suaranya'. Maka, kesempatan ini ku gunakan untuk menggali tentangnya lebih dalam.  Alasan Fanny Ngeblogging 1. Passionate di bidang literasi Perempuan asal Aceh ini suka menulis dan segala hal yang terkait literasi . So do I am! Fanny-begitu sapaanya-memilih blog sebagai ruang untuk latihan menulis. Karena blog itu mudah, juga murah. Harapannya kemampuan menulisnya akan meningkat bila sering dilatih di halaman blog. Menyambung juga dengan passionnya yang ingin berkarir di bidang literasi/kepenulisan. Sebelumnya juga pernah mengerjakan beberapa job terkait kepenulisan. Ma

Liburan Murah Meriah di Pantai Gemah

Liburan di Pantai Gemah adalah salah satu destinasi wisata alam favorit di Kabupaten Tulungagung sebab murah meriah. Kenapa dikenal murah meriah? Murah dari segi apa nih? Dan apa yang bisa membuat meriah? Coba saya kupas berdasar pengalaman berkunjung kesana beberapa kali. 

Mencapai Pantai Gemah

Pantai Gemah adalah salah satu gugusan pantai di sepanjang Jalur Lintas Selatan (JLS) yang menghubungkan Kabupaten Tulungagung dengan Kabupaten Trenggalek. Pantai yang menjadi batas laut selatan dengan daratan ini begitu elok karena sedikit menjorok membentuk setengah lingkaran. Ujung barat tumpukan batu karang membentuk layaknya barikade arus laut. Seberangnya tebing gunung kapur yang seperti terpotong tak beraturan, tapi apik! Nampak juga pantai cantik tetangga sebelah. 

Pemandangan Sisi Barat Pantai Gemah

Dari pantai, laut luas terpampang membentang tak terlihat ujungnya. Bila bertolak menengok ke daratan, terlihat pemandangan bukit yang terpotong,dengan jalanan yang meliuk, bak mengitari bukit. Dari kejauhan nampak titik titik mobil berjejer berderet. Macet? Oh no! Barisan mobil tersebut sedang menepi, menikmati pemandangan sekeliling sembari mengabadikan keindahannya dari tepi ke tepi. Karenanya, tak sedikit pedagang kaki lima yang membuka lapak dadakan. Menambah deretan 'hitam-hitam' berjajar, seolah siluet macet. 

Setelah 'entry JLS' via kecamatan Bandung, Tulungagung (ditandai dengan adanya pos polisi yang menjaga di pertigaan entry tersebut ikutilah alur jalan satu-satunya). Jalannya mulus dan lebar. Anda akan makin yakin setelah merasa jalan yang mulai meliuk dan menanjak. Tak berapa lama, terlihat pantai membentang nun jauh dari mata, bawah, di bawah sana.

Sekitar 3 km kita akan menjumpai gerbang besar dan megah bernama sebuah pantai. Namun bukan ini yang dituju. Pantai Gemah masih beberapa meter lagi didepannya. Tidak jauh sebenarnya, hanya sekitar 2 km. Biasanya di akhir pekan atau hari libur nasional. Akan terjadi antrian di mulut gerbang masuk Pantai Gemah. Gapura masuk ke pantai ini terkesan biasa saja memang, begitu pun dengan tarif masuknya. Satu mobil dengan 4 orang hanya dikenakan 35 ribu rupiah. Jangan khawatir, kita bisa segera masuk ke kawasan pantai lewat gerbang/pos kedua. Demikian, antrian tidak begitu mengular. Sebenarnya antrian ke Pantai Gemah ini cukup mengganggu arus jalan disana. 

Pemandangan Sisi Barat Pantai Gemah


Kekayaan Rasa Kuliner

Sering disebut-sebut diantara pantai lain di Kabupaten Tulungagung. Pantai Gemah juga kaya akan kuliner ikan lautnya. Tak sedikit kita jumpai. Berjejer warung-warung ikan bakar seolah membentuk pagar 'rumah' Pantai Gemah. Hal ini terlihat saat kendaraan mulai memasuki kawasan pantai menuju area parkir. Area parkir luas, kendaraan kecil dan sedang bisa masuk ke area depan pantai. Sedang bus-bus parkir di dekat pos masuk. Jadi, mau rombongan se-bus juga bisa masuk, guys! Representatif untuk rekreasi kapasitas besar juga nih ya! 

Pada waktu tertentu, bisa kita jumpai kapal nelayan mendarat (biasanya pagi hari), langsung diserbu para pembeli kecil atau tengkulak. Dari ikan segar yang dibawa mendarat oleh para nelayan inilah diolah menjadi santapan lezat dan khas Pantai Gemah. Ikan segar bakar! Harga tergantung dari jenis dan bobot ikan. Rerata harga per kilonya hampir seragam, antara satu warung dengan warung lainnya. Segala macam ikan laut tersedia seperti: Kakap, Kerapu, Tuna, Semar, Cumi Sotong, Udang dan lain sebagainya. Saran saya carilah warung yang juga menyediakan toilet dan kamar mandi, ini sangat berguna bila selesai bermain air, kita tak perlu lagi mengantri di toilet umum. 

Tak afdol rasanya di pinggir laut yang sepoi tidak dilengkapi dengan minuman menyegarkan. Kelapa muda cukup banyak tersedia, seperti halnya dengan pohon kelapa yang mengayomi garis pantai. 

Alternatif Permainan Mandiri dan Gratis 

Trus, sampai di pantai bisa ngapain apa aja nih? First, selfie pasti didahulukan, yekan?! Yah, mumpung make-up belum mess-up karena teriknya matahari dan hembusan angin ombak saat bermain di tepi laut. Banyak spot foto yang instagenic, selain lukisan alam Sang Maha Pencipta yang sempurna. Beberapa spot menarik dibuat untuk kebutuhan bergaya dalam jepretan lensa. Diantaranya: Tulisan besar ikonik: Pantai Gemah, ayunan kayu yang unik, bangku panjang kayu yang bisa dipakai untuk duduk termenung sembari memandang laut, ugh ini nih pose yang tercuakep deh! hehehe.

Spot Foto 

Pasir di Pantai Gemah trully pasir, tidak putih amat tapi coklat muda dan bersih. Menggugah tangan untuk bermain pasir, menggambarinya, membentuknya menjadi bentuk-bentuk serupa istana pasir dan perangkatnya. Permainan ber-spa pasir (alias mengubur tubuh di tumpukan pasir) bisa jadi pengalaman yang sangat menyenangkan!

Maju lagi ke tepi laut, yuk mencari kerang-kerang laut! Atau bermain kejar ombak pasti anak-anak merasa tertantang sekaligus kesenangan. Sensasi telapak kaki terkena hempasan ombak yang terpecah sekaligus pasir yang meluruh terikut ombak ke tengah, sungguh tak terlupakan! Mau 'hiking' ke gugusan karang juga diperbolehkan, hati-hati terpeleset ya! 

Banyak lagi permainan mandiri yang bisa dilakukan sendiri atau bersama teman dan atau keluarga. Kalian bisa berkreasi dan sekreatif mungkin dengan sumber daya alam yang tersedia melimpah disana. 

Baca juga:

Pantai Widodaren

Membaca Mampu Mengubah Dunia 

 

Alternatif permainan yang tidak gratisan

Alternatif permainan yang tidak gratisan juga ada banyak lho, Anda bisa memilihnya sesuai minat, usia dan kemampuan. Berikut diantaranya yang tersedia di Pantai Gemah:

1. ATV dan motorcross

Kendaraan outbond ini memang cocok dikendarai di area berpasir. Juga banyak diminati keluarga dan para pemuda. Dengannya bisa menyusuri sepanjang pantai Gemah, tanpa lelah dan berpayah-payah berjalan. Cukup banyak tenant yang menawarkan kendaraannya. Harganya pun seragam berkisar 50-75 ribu per 30 menit. Biasanya 75 ribu itu harga di akhir pekan atau high season. Jadi, tidak perlu pindah dari satu tenant ke tenant lainnya untuk membandingkan harga ya!


2. Perahu Motor

Bila ingin melihat pemandangan dari tengah laut bisa menaiki perahu motor. Sebenarnya tidak terlalu ke tengah juga, masih di area aman sih. Jangan kuatir juga, setiap penumpang mendapat jaket pelampung, dengan alasan keamanan. Beberapa nelayan yang sedang 'kosong' akan menawarkan jasanya ke pengunjung, dengan tarif per penumpang sekitar 25-50 ribu. Semakin banyak jumlah kepala dalam satu rombongan, jatuhnya harga bisa lebih murah. 

3. Banana Boat

Permainan air ini terlihat dari kejauhan, hanya satu unit armada. Kebanyakan para pemuda yang menyukai sensasi mengebut di atas deburan ombak ini. 

4. Permainan Anak Balita

Seperti melukis di canvas styrofoam, memancing ikan mainan dan funny bounce juga tersedia di beberapa spot parkir. 

Melukis di Canvas Styrofoam


Liburan Murah Hati pun Meriah

Kalian juga bisa hanya duduk duduk santuy di area pantai yang teduh di bawah pohon kelapa, menikmati pemandangan laut sembari tersenyum menyaksikan anggota keluarga yang asyik bermain-main. Complete rasanya jika ditemani kelapa muda nan segar. Lupa membawa alas duduk? Sekitar area pantai banyak persewaan tikar piknik. Boleh juga pesanan ikan bakar kalian dibawa ke tikar piknik. Rasanya benar-benar piknik kan?!

Suguhan pemandangan yang memukau mata, terasa lebih lengkap karena lidah dimanjakan oleh asupan yang menggiurkan. Bila dikalkulasi tidak salah perhitungannya bila liburan di Pantai Gemah itu adalah liburan murah meriah! Jadi, jadwalkan liburan depan ke salah satu pantai terkemuka di Tulungagung!Karena destinasinya banyak, bagus-bagus dan gak nanggung-nanggung!






Komentar

Postingan Populer