Langsung ke konten utama

New Post

Sibuk atau Produktif

Sibuk atau Produktif Istilah sibuk atau produktif tak melulu identik dengan perempuan pekerja atau wanita karier. Seorang full time mom  atau ibu rumah tangga juga sangat bisa terjangkiti istilah happening ini. Adalah hal yang lazim, pada zaman internet of things saat ini, perempuan dan semua orang bisa bekerja dan berkarya dari mana saja. Dari rumah, cafe , perpustakaan, kamar hotel, dapur, gudang dan bahkan dari taman bermain, Semua bisa 'bekerja' dengan atau tanpa tersambung dengan internet. Tak lagi terkotak-kotak pada ruang kerja, kubikel, kantor atau pabrik. Sebab itulah seorang perempuan atau ibu rumah tangga, sangat bisa bekerja atau produktif dari rumah. Caranya? Mari kita maknai dulu arti kata produktif! Sibuk atau Repetisi Tak Berujung Peran seorang ibu rumah tangga tentu jamak. Disamping sebagai individu, juga melekat peran sebagai istri, ibu, saudara, anak dari orang tuanya. Beragam peran yang diemban oleh ibu rumah tangga berkonsekuensi dari banyaknya tugas pera

Misteri Otak Kanan Manusia

Misteri Otak Kanan Manusia
Misteri Otak Kanan Manusia

Buku non fiksi berjudul Misteri Otak Kanan Manusia, adalah tulisan seorang public speaker tentang bisnis dan teknologi di USA, Daniel H Pink. Sebelumnya penulis sekaligus pembicara ini telah menelurkan buku Free Agent Nation yang best seller. 

Era Kelimpahan 

Buku yang dilahirkan dari pemikiran yang mendalam, pada awalnya membuat otak saya terasa berat menyerapnya. Memaparkan fakta-fakta yang berlaku di era konseptual, yang mungkin, belum sadar dan belum dekat, berlaku di sekitar kita. Menjelaskan era apa yang sedang berlangsung di belahan dunia nyata dan juga maya. Bahwa dunia sedang dalam era kelimpahan dan otomasi, dan Asia yang mulai meraja. Dijelaskan cukup panjang di bagian satu buku Misteri Otak Kanan Manusia. Hingga kita juga diberi pemahaman tentang: High Concept, High Touch. Sungguh berbobot!

Kelimpahan materi, kelimpahan sumber daya manusia, kelimpahan many things! Mengharuskan kita untuk lebih kreatif dan mencari celah yang makin sempit. Sehingga suatu materi, yang jaman dulu langka dan sangat dibutuhkan, kini terasa biasa. Satu misal: listrik. Listrik ada dimana-mana, bola lampu jadi murah dan berlimpah. Perlu inovasi agar tidak semua sama, serupa, tapi ada beda dan nilai lebihnya. Nah, itulah tantangannya! 

Kecerdasan Otak Kanan

Daniel H Pink memperkenalkan enam kecerdasan yang dibutuhkan di masa depan di era kelimpahan dan otomasi. Yakni, kecerdasan disain, cerita, simponi, empati, permainan dan makna. Keenamnya merupakan kekuatan otak kanan manusia. Apakah otak kiri tidak dibutuhkan lagi? Secara bersama-sama, enam kecerdasan high concept, high touch ini dapat membantu mengembangkan sebuah pikiran yang benar-benar baru yang dituntut oleh era baru ini. 

Bukan jenis-jenis kecerdasan yang umum kita kenal bukan? terkesan, tersebut diatas adalah skill-skill atribut saja. Tapi justru itulah kecerdasan yang perlu dilejitkan di era konseptual, kecerdasan yang dominan terolah di otak sebelah kanan. Itu mengapa EQ lebih dipertimbangkan daripada IQ semata. Terlebih penulis jug mendorong orang-orang untuk membangkitkan kecerdasan Metaforis (Metaphor Quotient-MQ). Karena dalam proses kreatif MQ sama berharganya dengan IQ. 

Kecerdasan Otak Kanan
Kecerdasan Otak Kanan

Cara-cara membangkitkan dan meningkatkan kecerdasan otak kanan ini dicontohkan dengan mudah dalam buku Misteri Otak Kanan Manusia. Manusiawi dan so easy: kita mulai dengan permainan, entah itu permainan phisicly atau game dunia maya yang mewabah. Gunakan satu waktumu untuk tertawa bersama dan memelihara selera humor. Banyak membaca dan juga aktif menulis. Hingga pandai memaknai setiap peran dalam hidupnya, 

Masa depan, dalam era baru ini adalah dunia yang bergerak sangat cepat. Dunia digital berkembang pesat dan saling terkoneksi lebih luas. Kelimpahan materi di dunia maju terus berkembang cepat. Buku Misteri Otak Kanan Manusia memberikan inspirasi dan alat-alat yang akan anda perlukan untuk menaklukkan jaman. 

Dalam era baru ini masing-masing kita mesti mesti punya vision yang jelas, pada apa yang kita lakukan dan bertanya kepada diri sendiri:

  1. Dapatkah seorang di luar negeri melakukannya lebih murah?
  2. Dapatkah komputer melakukannya lebih cepat lagi?
  3. Apakah saya menawarkan sesuatu yang memuaskan hasrat-hasrat yang transenden, non-material dari sebuah era kelimpahan?

Pikirkan secara mendalam, bayangkan anda dalam masa 20 tahun mendatang. Sukses akan diraup oleh orang yang mampu mewujudkan visi misinya di masa mendatang. Buku Misteri Otak Kanan Manusia membantu Anda merancang dan menyiapkan masa depan. 


Komentar

Postingan Populer