Langsung ke konten utama

New Post

Sibuk atau Produktif

Sibuk atau Produktif Istilah sibuk atau produktif tak melulu identik dengan perempuan pekerja atau wanita karier. Seorang full time mom  atau ibu rumah tangga juga sangat bisa terjangkiti istilah happening ini. Adalah hal yang lazim, pada zaman internet of things saat ini, perempuan dan semua orang bisa bekerja dan berkarya dari mana saja. Dari rumah, cafe , perpustakaan, kamar hotel, dapur, gudang dan bahkan dari taman bermain, Semua bisa 'bekerja' dengan atau tanpa tersambung dengan internet. Tak lagi terkotak-kotak pada ruang kerja, kubikel, kantor atau pabrik. Sebab itulah seorang perempuan atau ibu rumah tangga, sangat bisa bekerja atau produktif dari rumah. Caranya? Mari kita maknai dulu arti kata produktif! Sibuk atau Repetisi Tak Berujung Peran seorang ibu rumah tangga tentu jamak. Disamping sebagai individu, juga melekat peran sebagai istri, ibu, saudara, anak dari orang tuanya. Beragam peran yang diemban oleh ibu rumah tangga berkonsekuensi dari banyaknya tugas pera

Wonderful Waduk Wonorejo

Pemandangan Waduk Wonorejo
Wonderful Waduk Wonorejo


Wonderful Waduk Wonorejo yes it's true! Dan siapa pun pasti setuju bila waduk ini disebut wonderful! Bentang tampungan air seluas ratusan hektar ini menyuguhkan pemandangan yang lapang dan tenang. Area perbukitan dan kaki gunung Wilis selaksa cawan yang mewadahi air hingga ribuan kubik. Make me wonder: "ini waduk atau danau?" Berdasar penuturan salah satu warga Tulungagung, dulunya ada beberapa desa di daerah tersebut yang dialiri sungai besar. Hingga pemerintah kabupaten Tulungagung merelokasi desa-desa tersebut untuk membangun sebuah waduk, yakni Waduk Wonorejo. Bertujuan sebagai penyuplai air bersih untuk warga Tulungagung dan sekitarnya. Juga diperuntukkan sebagai irigasi dan pembangkit listrik tenaga air (PLTA). 

Sebuah monumen kecil terpatri dekat area parkir. Menandakan bahwa Waduk Wonorejo resmi dibuka pada tahun 2001 oleh Megawati Sukarno Putri, yang saat itu menjabat sebagai wakil presiden RI. Karena Waduk Wonorejo bukanlah waduk biasa.  Menurut kabar.tulungagung.go.id waduk ini termasuk salah satu waduk terbesar se-Asia Tenggara. Pada hari peresmian Waduk Wonorejo, Wapres Megawati Sukarno Putri tiba menggunakan helikopter dan mendarat di area helipad pada salah satu bangunan pos kontrol waduk. Pada kawasan Waduk Wonorejo terdapat kantor PDAM dan PLTA. yang bertugas mengontrol dan mengawasi debit air, ketinggian air di waduk, mengatur irigasi sesuai kebutuhan, mengontrol turbin mekanik dan lain sebagainya. 

Monumen Waduk Wonorejo

 Landscape yang menakjubkan, mubazir bila tidak digarap juga sebagai tujuan wisata. Peluang itu pun diendus oleh Pemerintah Kabupaten Tulungagung.  Sebuah bukit di batas selatan waduk, dicor beton dan dibentuk sedemikian rupa, hingga aman dari longsor dan menawan kala dipandang. Nama 'Bendungan Wonorejo' bisa dipajang indah padanya. Tak jauh dari area waduk, disediakan villa di atas bukit berikut fasilitas bak hotel berbintang. Sungguh cantik memandang waduk dari atas villa ini. 

Area atas waduk, tergelar jalan lurus dan mulus untuk berkendara, seperti sepeda, scooter, sepatu roda, tentunya juga jalan-jalan santai. Mulai pintu masuk hingga ujung jalan selatan, berujung ke bukit, sekitar 1 km, kita bisa berjalan menyusuri waduk dari atas. Sensasi yang mendesir tapak kaki melangkah, berjalan diatas air ribuan kubik ini. Pengunjung diharuskan memarkir kendaraan bermotornya di area parkir. Jadi, jalan lintas waduk tersebut lengang dan nyaman untuk bersepeda, foto-foto dan jalan santai menikmati suguhan sempurna! Pada pos penjagaan Waduk Wonorejo tersedia persewaan beragam atribut pendukung rekreasi, seperti: sepeda, scooter, kursi dan meja lipat, tripod, dan lain-lain. Jangan khawatir bila terlupa atau belum punya beberapa diantaranya, bisa sewa dengan harga murah, kok!

jalan lintas waduk wonorejo
jalan lintas waduk wonorejo


Pagi dan sore hari adalah waktu terbaik berkunjung ke waduk. Bahkan kita akan menjumpai kabut turun, jika sampai waduk sebelum jam 7 pagi. Hawa sejuk dan suasana yang nyaman membuat kita akan betah berlama-lama disana. Anak-anak juga bakal enggan pulang, sebab tersedia juga playground! Seperti ayunan, perosotan, jungkat jungkit. Pokoknya kids friendly deh! 

Kids Playground Waduk Wonorejo


Tak jauh dari area playground, ada jalan pendek menuju entry waduk. Di ujung jalan tersebut tertambat 2 kapal motor yang siap mengantar pengunjung mengelilingi waduk. Tiketnya pun terjangkau, hanya 20 ribu per kepala. Kita bisa menyusuri waduk denagn aman, ke batas-batas aman waduk, ke spot area foto terapung yang tak jauh dari bibir waduk. Kabarnya, spot ini tempat terbaik dan favorit pasangan untuk photo-shoot pre-wedding. Tapi, siapa pun tentu boleh berfoto di spot terapung ini! Dengan naik kapal motor tersebut, tidak disarankan berenang ya!Ha..ha..ha...

spot foto terapung waduk wonorejo


Potensi wisata dan energi yang begitu besar, tentunya perlu didukung oleh sarana dan prasarana yang memadai. Akses menuju Waduk Wonorejo sangat mudah dan nyaman. Meski Waduk Wonorejo berada di dataran tinggi, area perbukitan, namun jalan menuju kesana tidaklah curam dan membahayakan, hanya cukup menanjak. Terlebih, jalan yang dilalui juga cukup besar dan beraspal, hingga muat dilewati oleh bus besar. Sepanjang jalan kita akan disuguhi hijauan sawah yang bertingkat, bukit hijau, pohon-pohon pinus dan cafe-cafe coffe. Kurang lebih 30 menit saja dari pusat kota Tulungagung, kita akan sampai di Waduk Wonorejo. Tidak terlalu jauh kan?!

So, segera jadwalkan kunjunganmu ke Wonderful Waduk Wonorejo! Mau refreshing, olah raga, shooting, plesir, all you get on there! Jika kopi dinilai bakal menyempurnakan perjalanan wisata mu, pilihan cafe di sekitar kawasan waduk, banyak dan beragam. Ngopi sembari memandang waduk dari kejauhan, bisa menambah list wonderful journey tahun ini! Selain pantai-pantai indah, Tulungagung juga punya destinasi wisata waduk yang wonderful, ya?!


Komentar

Postingan Populer