Langsung ke konten utama

New Post

Sibuk atau Produktif

Sibuk atau Produktif Istilah sibuk atau produktif tak melulu identik dengan perempuan pekerja atau wanita karier. Seorang full time mom  atau ibu rumah tangga juga sangat bisa terjangkiti istilah happening ini. Adalah hal yang lazim, pada zaman internet of things saat ini, perempuan dan semua orang bisa bekerja dan berkarya dari mana saja. Dari rumah, cafe , perpustakaan, kamar hotel, dapur, gudang dan bahkan dari taman bermain, Semua bisa 'bekerja' dengan atau tanpa tersambung dengan internet. Tak lagi terkotak-kotak pada ruang kerja, kubikel, kantor atau pabrik. Sebab itulah seorang perempuan atau ibu rumah tangga, sangat bisa bekerja atau produktif dari rumah. Caranya? Mari kita maknai dulu arti kata produktif! Sibuk atau Repetisi Tak Berujung Peran seorang ibu rumah tangga tentu jamak. Disamping sebagai individu, juga melekat peran sebagai istri, ibu, saudara, anak dari orang tuanya. Beragam peran yang diemban oleh ibu rumah tangga berkonsekuensi dari banyaknya tugas pera

Diskusikan Kemajuan

 Jurnal Pekan 5 Tahap Kupu-Kupu


Diskusikan Kemajuan Mentee dengan Mentor
Diskusikan Kemajuan Mentee dengan Mentor



Pekan ini saatnya mendiskusikan kemajuan yang telah dikerjakan. Mentor sudah memberikan poin-poin penting yang harus kupelajari dan latih. Satu persatu dikupas, dikunyah, dicerna dan diterapkan. Ku pilih poin-poin yang terkait teknis blogging dulu, karena ini yang jadi fokus mentorship kali ini. 

Berikut dibawah ini lembaran checklist untuk lebih mudah membaca kemajuan yang telah dibuat.


urnal Pekan 5 Mentorship Tahap Kupu-Kupu
Jurnal Pekan 5 Mentorship Tahap Kupu-Kupu




Terlihat, umumya hal-hal teknis sudah kupraktekkan, ada yang tutorialnya sudah ku pahami dan hapal di luar kepala. Ada yang masih belum, sehingga perlu tengok catatan tutorial dulu. Terkait jam latihan, semakin sering kita utak atik tampilan blog semakin kita familiar dengan tombol menu di dashboard dan tutorialnya, serta paham fungsi masing-masing. 

Tidak ada kendala yang berarti hal teknis tentang blog ini. Perlu latihan dan pengulangan. Hambatannya lebih pada manajemen waktu pribadi saja. Kondisi sedang kurang kondusif, badan kurang fit, cuaca yang sedang dingin sekali, dampaknya pilek terus dan kepala berat. Begitu pun kondisi mentorku juga masih masa pemulihan dari sakit. Namun kami masih keep in touch, menanyakan kondisi dan saling menyemangati. Selain itu, deadline dari tugas lain juga membuat ku harus pintar pintar membagi waktu. Targetku minimal 2 judul poin dari mentor ku pelajari dan eksplorasi. Terkait teknis tampilan blog bisa dibilang selesai di pekan ini. 

False Celebration

  1. Terkait template, banyak template yang diunduh, makin bimbang template mana yang dipakai/diterapkan. Karena setiap template gratis yang diunduh dan diterapkan ada kekurangannya. jadi berubah pikiran ingin ganti lagi, ganti lagi, sebelum diadjust. Bisa saja bisa lebih baik bila sudah diadjust. Masalahnya beberapa template gratis tersebut, terbatas sekali poin yang bisa diadjust lagi. 
  2. Beberapa poin eksplorasi sebenarnya sudah kulatih saat tahap kepompong tempo lalu, namun karena kurang latihan, bahkan cuma sekali saja, jadinya lupa cara, bahkan sampai lupa nama bagiannya, hingga perlu lihat buku catatan dulu.  

360 Degree Feedback

Feedback dari mentor lebih banyak tentang hal-hal teknis atas pertanyaan-pertanyaan yang kuajukan, atau hal-hal yang belum ku ketahui. Itu sangat membantuku, karena ada beberapa hal yang belum ku ketahui solusinya dan belum kutemukan di situs tutorial, dengan cepat ku dapat jawabannya. Thank you mentorkuđź’“ Walau begitu eksplorasi mandiri lebih diperlukan lagi, untuk memperkuat skill.




#institutibuprofesional
#hutankupucekatan
#tahapkupukupu
#mentorshippekan5

Komentar

Postingan Populer