Langsung ke konten utama

New Post

Spirit Fanny Ngeblogging

Dear Readers, Menambah pandangan dari kaca pengalaman orang lain, juga bisa menambah sudut pandang kita, lho. Setuju ya? Spirit Fanny Ngeblogging menjadi suntikan energi untukku juga dalam ngeblogging. Itu lah maksud dari task 4B Blogspedia Coaching #5. Berbinar hati ini bisa mengenal lebih dekat dengan Rahilla Fanny, partner bermainku di sesi 4B. Selama coaching ini, sebatas melihat 'text' dan 'sedikit suaranya'. Maka, kesempatan ini ku gunakan untuk menggali tentangnya lebih dalam.  Alasan Fanny Ngeblogging 1. Passionate di bidang literasi Perempuan asal Aceh ini suka menulis dan segala hal yang terkait literasi . So do I am! Fanny-begitu sapaanya-memilih blog sebagai ruang untuk latihan menulis. Karena blog itu mudah, juga murah. Harapannya kemampuan menulisnya akan meningkat bila sering dilatih di halaman blog. Menyambung juga dengan passionnya yang ingin berkarir di bidang literasi/kepenulisan. Sebelumnya juga pernah mengerjakan beberapa job terkait kepenulisan. Ma

The Magic of Thinking Big

The Magic of Thinking Big
The Magic of Thinking Big

Seusai membaca buku The Magic of Thinking Big, serasa benak ini membengkak melebar, pikiran ini melar membesar. Sebelumnya tak begitu terbayangkan betapa kekuatan pikiran sangat dahsyat pada pribadi dan kehidupan seseorang. Disamping kekuasaan tangan Tuhan, ternyata kekuatan pikiran juga mampu mengelola kehidupan. Maka, sangat perlu belajar menata ulang benak dan pikiran, agar benar dan bisa membesar. Sebab, berpikir sukses berawal dari berpikir besar. Kesuksesan tidak ditentukan oleh besarnya otak manusia! Kesuksesan justru ditentukan oleh besarnya cara berpikir manusia itu sendiri. Begitulah, Schwartz meyakinkan pembacanya. 

Sosok kita bisa bertumbuh menjadi besar dengan berpikir besar. Jangan meremehkan diri Anda. Hapuskan sikap mencela diri, konsentrasi pada aset Anda. Anda lebih baik dari yang dikira. Gunakan kosa kata pemikir besar. Gunakan perkataan yang menggembirakan, cerah dan besar. Ungkapkan kata-kata yang menjanjikan kemenangan, harapan, kebahagiaan. Hindari kata-kata yang membangun citra negatif. Teruslah berlatih menambahkan nilai pada benda, orang lain dan diri Anda. 

Kita bisa menjadi lebih dari yang kita kira, dengan cara berpikir besar. Lebih banyak yang bisa kita kerjakan, lebih banyak karya yang mampu kita hasilkan, berawal dari berpikir besar. Mari kita gali cara 'memperbesar' pikiran dan benak dari buku The Magic of Thinking Big ala Schwartz!

1. Berawal dari percaya diri. 

Kepercayaan diri atau keyakinan diri adalah bahan bakar untuk berpikir dan bertindak besar.  Keyakinan merupakan termostat yang mengatur prestasi dalam hidup kita. Yakin Anda bisa sukses dan akan sukses! Biarkan pikiran kesuksesan menguasai proses berpikir Anda. Berpikir untuk sukses akan menyebabkan pikiran Anda berupaya meraih kesuksesan pula. 

2. Sembuhkan diri dari penyakit kegagalan, yakni suka berdalih. 

Orang-orang yang tidak sukses kebanyakan menderita penyakit dalih. Setiap kali orang ini berdalih, dalih tersebut tertanam kian dalam di alam bawah sadarnya. Pikiran kita, baik positif maupun negatif, akan bertambah kuat ketika dipupuk dengan pengulangan yang  terus-menerus. Kian sering ia mengulanginya, dirinya kian yakin bahwa dalih itu benar. Iya yakin dalihnya adalah alasan utama kegagalannya. Kebanyakan dalihnya adalah tentang kesehatan, usia yang terlalu muda/tua. Juga berdalih kurang cerdas dan tidak beruntung. 

3. Bangun kepercayaan diri dan hancurkan ketakutan Anda. 

Kurangnya percaya diri pada seseorang dapat dilacak secara langsung melalui memori yang ditangani secara keliru. Benak Anda mirip sekali dengan bank. Setiap hari, dimasukkan tabungan pikiran ke dalam 'bank pikiran' Anda. Tabungan pikiran ini bertumbuh, lalu menjadi memori. Tatkala Anda berpikir atau menghadapi masalah, Anda akan berkata kepada bank memori, "Apa yang sudah saya ketahui tentang masalah ini?" Maka, masukkanlah pikiran-pikiran positif ke bank memori.

Tindakan akan menghilangkan ketakutan. Singkirkan ketakutan Anda dan lakukan tindakan yang bersifat membangun. Bertopang dagu, tidak berbuat apa pun, akan memperteguh ketakutan dan menghancurkan kepercayaan diri Anda.

Gali cara-cara lain agar bisa berpikir besar dengan menuntaskan membaca buku ini. Sangat padat, bermanfaat dan aplikatif. Banyak kisah yang mengilmahi, didaftar juga action-action yang mendukung berpikir besar. Serta, dicontohkan dengan seaplikatif mungkin dalam kehidupan sehari-hari. 

Berpikir Besar
Berpikir Besar


Berpikir besar akan menggiring tindakan untuk sukses. Lebih nge-boost lagi bila kita bisa tau cara berpikir dan bermimpi secara kreatif. Berpikir kreatif adalah menemukan cara baru dan maju dalam mengerjakan sesuatu. Contoh sederhana: menarik anak agar senang bermain dengan Anda, lepas dari gadgetnya. Memikirkan beberapa cara agar berhemat listrik. Memanfaatkan lahan kosong kecil dekat rumah dengan menanam beragam sayuran atau tanaman berfaedah lainnya. Juga penemuan-penemuan besar seperti penemuan bola lampu, TV berwarna, buku novel dan lain sebagainya, adalah hasil dari sebuah pemikiran kreatif. 

Jadi, luangkan waktu sejenak agar Anda bisa sendirian, merenung dan berpikir setiap hari. Kesendirian yang terencana akan membuahkan hasil. Gunakan kesendirian untuk melepas kekuatan kreatif dan menemukan solusi. 

Ada situasi dan kondisi yang penting sekaligus genting dalam kehidupan ini. Terapkanlah berpikir besar, kedahsyatannya akan terasa dalam contoh kondisi-kondisi berikut ini:

1. Ketika perasaan 'saya tidak mampu' merayapi diri, berpikirlah besar!

2. Ketika orang picik mencoba menjatuhkan Anda, berpikirlah besar!

3. Ketika perdebatan atau pertikaian tak terhindarkan lagi, berpikirlah besar!

4. Ketika Anda merasa kalah, berpikirlah besar!

5. Ketika kehidupan rumah tangga Anda sedang bermasalah, berpikirlah besar!

6. Ketika Anda merasa kemajuan pekerjaan Anda semakin lamban, berpikirlah besar!

Tersebut diatas adalah beberapa contoh konflik dalam kehidupan yang bisa diatasi dengan berpikir besar, terutama sebagai 'pertolongan pertama'. Menemukan cara-cara jitu dan efektif hanya bisa dengan cara berpikir besar, it's The Magic of Thinking Big. Berpikir besar itu dahsyat! 


Ulasan buku 

Judul : The Magic of Thinking Big

Penulis: David J. Schwartz, Ph.D

Penerbit. MIC Publishing, Surabaya

Tahun : 2014

Tebal: 287 halaman

Komentar

Postingan Populer