Langsung ke konten utama

New Post

Sibuk atau Produktif

Sibuk atau Produktif Istilah sibuk atau produktif tak melulu identik dengan perempuan pekerja atau wanita karier. Seorang full time mom  atau ibu rumah tangga juga sangat bisa terjangkiti istilah happening ini. Adalah hal yang lazim, pada zaman internet of things saat ini, perempuan dan semua orang bisa bekerja dan berkarya dari mana saja. Dari rumah, cafe , perpustakaan, kamar hotel, dapur, gudang dan bahkan dari taman bermain, Semua bisa 'bekerja' dengan atau tanpa tersambung dengan internet. Tak lagi terkotak-kotak pada ruang kerja, kubikel, kantor atau pabrik. Sebab itulah seorang perempuan atau ibu rumah tangga, sangat bisa bekerja atau produktif dari rumah. Caranya? Mari kita maknai dulu arti kata produktif! Sibuk atau Repetisi Tak Berujung Peran seorang ibu rumah tangga tentu jamak. Disamping sebagai individu, juga melekat peran sebagai istri, ibu, saudara, anak dari orang tuanya. Beragam peran yang diemban oleh ibu rumah tangga berkonsekuensi dari banyaknya tugas pera

Tantangan 30 Hari Fase Kepompong #day30

Jurnal Tahap Kepompong #day30

#melatihkonsistensi 

Hari ketigapuluh

Alhamdulillah...sampai juga pada titik ini, dimana jari mengetik #day30, tak terasa...rasanya bangga! Bisa konsisten tiap hari mengulik tutorial blog dan menuliskannya di jurnal harian tahap kepompong. Terima kasih tak terhingga kepada junjungan tutorial blog favorit saya selama 30 hari ini, yakni https://www.blogspedia.my.id/ isinya lengkap, jelas dan aplikatif, mudah dipahami, tampilan menarik, dan tidak pelit berbagi, cukup disini mengulik judul tutorial, tak perlu situs lain, itupun masih belum habis dikulik. Rencananya setelah lewat tahap ini, tetap konsisten belajar tutorial, mengulik dan melahap semua judul didalamnya. 

Baiklah, pamungkas judul tutorial hari ini, acak saja kupilih, mana yang belum dikulik. Tertarik dengan judul Keyword Research: Pengertian, Jenis, Manfaat dan Tekniknya. Keywords/ kata kunci bukan kata yang asing sih, sering banget kita pakai saat surfing. Tapi belum tau banyak dan dalam. Makanya dipelajari lah....kalian akan tau betapa sakti dan digdaya kata kunci ini.

Menurut Marita Momblogger Cupu, riset kata kunci adalah sebuah proses yang dilakukan sebelum penyusunan artikel agar kita bisa membidik keyword yang tepat. Tujuannya agar mesin pencari lebih mudah membaca tulisan yang kita buat sehingga artikel bisa ada di halaman pertama dan mendulang traffic yang lebih banyak. 

Berdasarkan jumlah kata, Coach Irwin menyampaikan ada dua jenis kata kunci, yaitu;
  1. Short keywords
  2. Long keywords
Selain berdasarkan jumlah kata, kata kunci juga dibedakan berdasarkan kegunaan. Ada 3 jenis kata kunci di part ini, yaitu;
  1. Informasional: kata kunci yang memiliki kegunaan untuk memberikan informasi. Contohnya: cara menggunakan pompa dragon, tutorial make up ala kekeyi, teknik sisir untuk rambut gundul (wait, ini nggak salah ngasih contohnya, ada-ada aja memang coach satu itu, wkwk).
  2. Transaksional: kata kunci yang berfungsi untuk menjual. Contohnya: jual batik keris, jual beli bakso di malang, kursus hacker di jakarta.
  3. Navigational: kata kunci yang memiliki fungsi untuk menunjukan suatu tempat. Contohnya: gunung ijen, stasiun balapan.
Manfaat Riset Kata Kunci:
  1. Membantu menemukan ide tulisan
  2. Mendapatkan kata kunci potensial
  3. Membangun konten yang “menjawab” kebutuhan pembaca
  4. Membantu pemetaan konten/ internal link
Teknik Melakukan Riset Kata Kunci

beberapa tool yang bisa kita pakai untuk melakukan riset keyword:

https://neilpatel.com/ubersuggest/
https://keywordtool.io/
https://www.wordstream.com/keywords
https://moz.com/
https://ahrefs.com/
Semrush

Sayangnya yang di atas itu kebanyakan berbayar.

beberapa tools gratisan yang bisa dipakai untuk meriset kata kunci:

Google search
Google keyword planner (bagus untuk yang main google ads)
Google trends

Tips Riset Keywords:
  1. Satu artikel cukup memiliki 1 fokus keyword
  2. Hindari pencarian terlalu tinggi
  3. Cari kata kunci yang persaingannya mudah (gampangnya, cek dulu siapa yang ada di halaman pertama hasil pencarian)
  4. Usahakan kata kunci saling berhubungan agar memudahkan proses nulis artikel selanjutnya


Badge Tantangan 30 Hari Tahap Kepompong #day30
Excellent!

#institutibuprofesional

#hutankupucekatan

#tahapkepompong

#latihilmunya30hari

Komentar

Postingan Populer