Langsung ke konten utama

New Post

Sibuk atau Produktif

Sibuk atau Produktif Istilah sibuk atau produktif tak melulu identik dengan perempuan pekerja atau wanita karier. Seorang full time mom  atau ibu rumah tangga juga sangat bisa terjangkiti istilah happening ini. Adalah hal yang lazim, pada zaman internet of things saat ini, perempuan dan semua orang bisa bekerja dan berkarya dari mana saja. Dari rumah, cafe , perpustakaan, kamar hotel, dapur, gudang dan bahkan dari taman bermain, Semua bisa 'bekerja' dengan atau tanpa tersambung dengan internet. Tak lagi terkotak-kotak pada ruang kerja, kubikel, kantor atau pabrik. Sebab itulah seorang perempuan atau ibu rumah tangga, sangat bisa bekerja atau produktif dari rumah. Caranya? Mari kita maknai dulu arti kata produktif! Sibuk atau Repetisi Tak Berujung Peran seorang ibu rumah tangga tentu jamak. Disamping sebagai individu, juga melekat peran sebagai istri, ibu, saudara, anak dari orang tuanya. Beragam peran yang diemban oleh ibu rumah tangga berkonsekuensi dari banyaknya tugas pera

Puasa Pekan 1 Tahap Kepompong

 Jurnal Puasa Pekanan Tahap Kepompong #pekan1

#melatihkonsistensi

#puasamediasosialwaktuproduktifjam4-6pagi

Pekan pertama

Segala gangguan atau distraksi pada waktu produktivitas idealnya ditiadakan. Agar hasilnya maksimal dalam tempo yang singkat. Bayangkan bila kita benar-benar fokus mengerjakan 1-2 jam, kualitas dan kuantitas produktivitas bisa signifikan bertambah, saya percaya itu! Apa yang selama ini biasanya menjadi  pengganggu, kebanyakan khalayak menyebutkan 'gadget' khususnya Smartphone. Namun gadget adalah salah satu alat produktivitas yang banyak digunakan, bagaimana dong? Gadgetnya memang bermanfaat, beberapa aplikasi di dalamnya yang menjadi biang penghambat, diantaranya: media sosial dan game. 

Nah, pada tantangan tahap kepompong saya fokus eksplorasi tools blog setiap harinya, pada jam-jam produktivitas. Saya tipe lark, yang menurut teori Chronotype aktif produktif pada dini hari. Maka pada saat bangun tidur (jam 4 pagi) hingga jam 6 pagi (jam menyiapkan sarapan) saya fokus produktif, eksplorasi dan menulis, tidak membuka sosial media. Ini yang menjadi latihan puasa saya di pekan pertama. 

Day by day kutuliskan dalam template jurnal yang sudah tersedia, senang sekali bisa terekam dan terukur seperti itu, langsung terevaluasi, walau monitoring mandiri, ini mampu melecut diri untuk disiplin. Pekan ini bisa dinilai puasa sukses, disiplin mulai terbentuk, puasa media sosial mulai jadi habit. Hanya hari pertama yang masih tengok-tengok timeline facebook saat akan copy link address, walau hanya sebentar. Hari-hari selanjutnya puasa sukses. Siasat godaan ini notifikasi di sosial media, adalah off-kan dulu data seluler/wifi pada smartphone sehingga tidak ada notifikasi yang masuk. Saya akan fokus dulu menulis/ eksplorasi dulu, bila perlu menambahkan link address akan dilakukan setelah menulis diselesaikan. 

Dear self, you are excellent!💓


Jurnal Puasa Pekan 1 Tahap Kepompong

#institutibuprofesional

#hutankupucekatan

#tahapkepompong

#latihilmunya30hari


Komentar

Postingan Populer